MENGAPA MEMILIH BAHASA PEMOGRAMAN C + +

expertadvisorku.blogspot.com adalah situs Bahasa Pemrograman, Informatika Teknologi, Pembuatan Aplikasi Php, C++, Java, QT, Visual Basic, Mysql dan Komunitas Relawan TIK Kaltim dan Download Buku Digital.


MENGAPA MEMILIH  BAHASA PEMOGRAMAN C + +
Bahasa pemrograman C sudah berhasil digunakan untuk mengembangkan berbagai jenis permasalahan pemrograman, dari level operating system (unix, linux, ms dos, dan lain-lain), aplikasi  perkantoran  (text editor, word processor,  spreadsheet,  dan lain-lainnya), bahkan sampai pengembangan sistem pakar (expert system). Kompiler C juga telah tersedia di  semua  jenis  platform  komputer,  mulai  dari  Macintosh,  UNIX,  PC,  Micro  PC, sampai  super  komputer.  C  bisa  disebut  bahasa  pemrograman  tingkat  menengah (middle  level programming  language).  Arti  tingkat  (level)  disini  adalah  kemampuan mengakses   fungsi-fungsi   dan   perintah-perintah   dasar   bahasa   mesin/hardware (machine   basic   instruction   set).   Semakin   tinggi   tingkat   bahasa   pemrograman (misalnya:   java),  semakin   mudahlah   bahasa   pemrograman   dipahami   manusia, namun membawa pengaruh semakin berkurang kemampuan untuk mengakses langsung  instruksi  dasar bahasa  mesin. Demikian  juga sebaliknya  dengan  bahasa pemrograman  tingkat rendah (misalnya: assembler),  yang semakin sulit dipahami manusia   dan   hanya   berisi   perintah   untuk   mengakses   bahasa   mesin.   
Dalam perspektif mudahnya dipahami manusia, C bisa digolongkan dalam bahasa tingkat tinggi,  namun  C  juga  menyediakan  kemampuan  yang  ada  pada  bahasa  tingkat rendah, misalnya operasi bit, operasi byte, pengaksesan memori, dan lain-lainnya.

Beberapa alasan mengapa para programmer memilih untuk menggunakan bahasa Pemrograman C adapun alasannya sebagai berikut :
  1. C adalah bahasa pemrograman yang paling populer saat ini, dengan banyaknya programmer bahasa C, membawa pengaruh semakin mudahnya kita menemukan pemecahan masalah yang kita dapatkan ketika menulis program dalam bahasa C. Pengaruh positif lain adalah semakin banyaknya kompiler yang dikembangkan untuk berbagai platform (berpengaruh ke portabilitas).
  2. C adalah bahasa pemrograman yang memiliki portabilitas tinggi, program C yang ditulis untuk satu jenis platform, bisa dikompile dan jalankan di platform lain dengan tanpa ataupun hanya sedikit perubahan. Ini bisa diwujudkan dengan adanya standarisasi ANSI untuk C.
  3. C adalah bahasa pemrograman dengan kata kunci (keyword) maksudnya sedikit kata  kunci   disini  adalah   merupakan   fungsi   ataupun   kata   dasar   yang disediakan oleh kompiler suatu bahasa pemrograman. Hal ini membawa pengaruh  semakin  mudahnya  kita  menulis  program  dengan  C.  Pengaruh lain dari sedikitnya  kata kunci ini adalah proses eksekusi program C yang sangat  cepat.  C  hanya  menyediakan   32  kata  kunci   seperti  terangkum dibawah:
  4. C adalah bahasa pemrograman yang fleksibel
    Dengan   menguasai   bahasa   C,  kita   bisa   menulis   dan   mengembangkan berbagai jenis program mulai dari operating system, word processor, graphic processor,  spreadsheets,  ataupun  kompiler  untuk  suatu  bahasa pemrograman.
  5. C adalah bahasa pemrograman yang bersifat moduler, program C ditulis dalam routine yang biasa dipanggil dengan fungsi. Fungsi- fungsi yang telah kita buat, bisa kita gunakan kembali (reuse) dalam program ataupun aplikasi lain.
Bagi yang ingin mengakses melalui Iphone atau Android silahkan klik tombol dibawah ini :







Komentar