Cara membuat Backup Image recovery OS Windows XP dan Windows 7

expertadvisorku.blogspot.com adalah situs Bahasa Pemrograman, Informatika Teknologi, Pembuatan Aplikasi Php, C++, Java, QT, Visual Basic, Mysql dan Komunitas Relawan TIK Kaltim dan Download Buku Digital.

Cara membuat Backup Image recovery OS Windows XP dan Windows 7 
oleh : Elfiansyah Elham Spd

Dalam hal ini expertadvisorku.blogspot.com membahas "Cara membuat Backup Image Recovery OS Windows XP dan Windows 7" yang mana jika terjadi error pada Operasi System (OS) yang kita gunakan, maka dapat segera kita panggil kembali Image nya sebagaimana OS Windows yang saat terakhir kita gunakan pada saat membuat backup yang berbentuk image recovery.

Adapun langkah-langkahnya kita menggunakan Aplikasi Hirren`s Boot bagi yang belum memilikinya silahkan download disini : Download Aplikasi Hirren`s Boot

Jika sudah maka anda dapat membakarnya ke CD BLANK (CD kosong) agar bisa dapat digunakan menjadi boot table, atau dapat juga kita mengcopynya ke Falshdisk agar dapat digunakan sebagai boot table adapun caranya silahkan baca disini : "Cara membuat Boot Flash Disk untuk penginstallan awal Windows"

Jika sudah memahaminya maka kita melanjutkan misi pembuatan Backup Image recovery OS Windows XP dan Windows 7, adapun langkah-langkahnya :
  1. Jika menggunakan CD Hirren`s maka masukan CD tersebut dan nyalakan PC kemudian Startup begitu juga jika menggunakan Flashdisk.
  2. Kemudian pilihlah menu Backup - Ghost32 atau dapat juga memilih windows mini.
  3. Jika menggunakan Windows Mini maka klik Hirren`s BootCD kemudian pilih Menu-Backup-Ghost32, perhatikan gambar dibawah ini :




Kemudian Ghost32 jika sudah diklik akan muncul kotak dialog maka klik OK, kemudian Klik Local-Partition-To Image, perhatikan gambar dibawah ini :



Kemudian Pilih Drive yang akan di Buat Image Recovery, Klik OK dan Pilih System Operasi Sistem Windows biasanyanya di Local C, Klik OK kemudian Simpan dan beri Nama sesuai keinginan kita agar suatu saat image recovery sewaktu-waktu dapat di panggil segera jika terjadi ERROR atau terkena Malware atau virus, perhatikan gambar dibawah ini :

 
Pilih System yang ingin kita jadikan recovery
Simpan di Local selain C  atau di Partisi lain atau di Falsh Disk
Pilih High dan tunggu beberapa menit
Kemudian Pilih High dan tunggu beberapa menit sampai recovery selesai dibuat, adapun sebelum membuat recovery alangkah baiknya OS Windows kita sudah lengkap aplikasinya sehingga recovery disaat dibutuhkan tidak perlu menginstall aplikasi-aplikasi pendukungnya seperti : Microsoft Office, Photoshop dan lain-lain.

Dalam hal memanggil Image Recovery ini tidak jauh berbeda dengan membuatnya, kita boot dari CD atau Flash disk menggunakan aplikasi Hirren`s BootCD, kemudian pilih Ghost32 atau menggunakan fasilitas Windows Mini XP jika menggunakan Windows Mini XP maka Pilih Menu-Backup-Ghost32-Local-From Image-kemudian pilih Image Recovery yang dibuat yang sudah kita tentukan letaknya.

Adapun dalam memanggil Recovery ini paling cepat memakan waktu 5 sd 10 menit tergantung banyaknya aplikasi disaat kita merecovery dan image recovery ini dapat digunakan di Komputer yang sama jenisnya atau serinya misalnya Laptop Acer 4738 dn lain-lainnya, jika recovery dapat digunakan disemua jenis PC dan seri maka disaat kita membuat Image Recovery jangan di install drivernya cukup aplikasi pendukung saja, MP3, Microsoft Office, Antivirus dan lain-lain.

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa baca juga : "Cara membuat Boot Flash Disk untuk penginstallan awal Windows"


Komentar